Senin, 07 Januari 2013

Jelaskan fenomena terjadinya pembekuan permukaan danau ?


Pembekuan permukaan danau terjadi karena adanya anomali air. Anomali air adalah suatu penyimpangan atas keadaan , aturan, bentuk atau pola normal (umum) , namun justru karena sederetan anomali sifat yang dimilikinya lah maka air menjadi suatu zat yang paling unik dan paling dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup dimuka bumi ini.
Suatu benda itu akan memuai (volume bertambah) bila suhu bertambah dan menyusut (volume berkurang), namun beda dengan air, air memiliki sifat keanehan yang tidak sama dengan sifat benda lainnya.
Pada saat suhu udara dipermukaan danau menurun sampai 4˚C , volume air akan menyusut akibat massa jenis air bertambah . massa jenis paling besar terjadi pada suhu 4˚C, karena massa jenis air bertambah, maka air yang ada dipermukaan danau akan turun ke bawah permukaan, sementara air di dasar karena massa jenisnya lebih ringan akan naik ke atas. Proses ini akan terus terjadi sampai suhu mencapai 4˚C.
Ketika suhu turun terus mulai 4˚C ke bawah, anomali air akan terjadi. Seharusnya benda kalau di dinginkan  volumenya akan menyusut tetapi dalam hal ini tidak berlaku untuk air. Air yang ada dipermukaan (karena suhu udara semakin dingin) volumenya akan bertambah. Air dipermukaan menjadi es dan volume air justru bertambah /memuai, akibatnya massa jenis berkurang. Karena massa jenis lebih ringan dari air yang ada di dasar, maka air dipermukaan tidak akan turun ke bawah dan akan membeku lebih dulu daripada air di dasar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dikoment yo,,ok2