Mata Pelajaran : Matematika
Kelas
: VII
(Tujuh)
Semester : 1
(Satu)
Standar
Kompetensi : Bilangan
1.Memahami
sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
A. Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.
b. Peserta didik dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
c. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
d. Peserta didik dapat menaksir hasil perkalian dan
pembagian bilangan bulat.
e. Peserta didik dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga
serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
B.
Materi Ajar
Bilangan Bulat, yaitu mengenai:
a. Mengenal bilangan
negatif.
b. Menjumlah, mengurang, mengali, dan membagi bilangan
bulat.
c.
Menaksir hasil
perkalian dan pembagian bilangan bulat
d.
Menghitung kuadrat
dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
e. Mengingat bilangan
pecahan.
f. Mengenal pecahan biasa dan campuran.
g. Mengenal pecahan yang senilai.
h. Mengurutkan pecahan.
i.
Mengubah pecahan
biasa menjadi pecahan campuran dan
sebaliknya.
j.
Mengenal persen dan
permil dan bilangan desimal.
k. Menyelesaikan operasi hitung pecahan dan bilangan
desimal.
l.
Menyelesaikan
perpangkatan pecahan.
m. Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.
n. Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan
desimal.
C.
Teori Psikologi Pembelajaran
Teori
psikologi William Brownel mengemukakan bahwa dalam belajar yang terpenting
adalah pengertian-pemahaman agar terjadi pemaknaan.
Teori psikologi pembelajaran Thorndike yang
mengemukakan bahwa kondisi pelajar yang ada pada siswa perlu diberi penguatan
agar motivasinya tetap terpelihara (Reinforcement)
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
D.
Strategi, Model, Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.
Strategi
Pembelajaran
Staregi
Pembelajaran Kontekstual, Kooperatif dan Kolaboratif.
2.
Model
Pembelajaran
Pembelajaran
Kooperatif dan Contexstual Teaching Learning (CTL)
3.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, Diskusi, Pemberian Tugas, dan Tanya jawab
4.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
Konstektual
E.
Media Pembelajaran
a.
Lembar
Kegiatan Siswa
b.
Papan Tulis
c.
Buku Paket,yaitu buku Matematika Kelas
VII Semester 1
d.
Buku referensi lain
e.
Laptop,LCD,OHP
F.
Skenario Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.
Mengingat kembali materi tentang
bilangan
c.
Memotivasi peserta
didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
2. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.
F Peserta didik dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi
Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket
mengenai bilangan bulat (bilangan asli/bilangan bulat positif, bilangan
cacah, serta bilangan kurang dari nol/bilangan bulat negatif), penentuan letak
bilangan bulat dalam garis bilangan,
pengurutan bilangan bulat, dan penggunaan bilangan bulat sebagai tugas
individu.
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis secara bertanggung jawab ( responsibility );
F memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan
balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan
agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Akhir
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Wah, nice info bingits nih. Bermanfaat sekali. Keep on good writing yaa ^^
BalasHapus