Senin, 18 Maret 2013

RPP Belajar dan Pembelajaran Matematika



Mata Pelajaran           : Matematika
Kelas                            : VII (Tujuh)
Semester                       : 1 (Satu)
Standar Kompetensi  : Bilangan        
                                      1.Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan  penggunaannya dalam pemecahan masalah.

A. Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.
b. Peserta didik dapat menentukan letak bilangan  bulat dalam garis bilangan.
c. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan  pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran.
d. Peserta didik dapat menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.
e. Peserta didik dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.

B. Materi Ajar   
Bilangan Bulat, yaitu mengenai:
a.       Mengenal  bilangan negatif.
b.      Menjumlah, mengurang, mengali, dan membagi bilangan bulat.
c.       Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat
d.      Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
e.       Mengingat  bilangan pecahan.
f.       Mengenal pecahan biasa dan campuran.
g.      Mengenal pecahan yang senilai.
h.      Mengurutkan pecahan.
i.        Mengubah pecahan biasa menjadi  pecahan campuran dan sebaliknya.
j.        Mengenal persen dan permil dan bilangan desimal.
k.      Menyelesaikan operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.
l.        Menyelesaikan perpangkatan pecahan.
m.    Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.
n.      Menaksir hasil operasi hitung pecahan dan bilangan desimal.

C.    Teori Psikologi Pembelajaran
Teori psikologi William Brownel mengemukakan bahwa dalam belajar yang terpenting adalah pengertian-pemahaman agar terjadi pemaknaan.
Teori psikologi pembelajaran Thorndike yang mengemukakan bahwa kondisi pelajar yang ada pada siswa perlu diberi penguatan agar motivasinya tetap terpelihara (Reinforcement)
           Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

D.    Strategi, Model, Metode dan Pendekatan Pembelajaran
1.      Strategi Pembelajaran
Staregi Pembelajaran Kontekstual, Kooperatif dan Kolaboratif.
2.      Model Pembelajaran
Pembelajaran Kooperatif  dan Contexstual Teaching Learning (CTL)
3.      Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi, Pemberian Tugas, dan Tanya jawab
4.      Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan Konstektual

E.     Media Pembelajaran
a.       Lembar Kegiatan Siswa
b.      Papan Tulis
c.       Buku Paket,yaitu buku Matematika Kelas VII Semester 1
d.      Buku referensi lain
e.       Laptop,LCD,OHP
F.     Skenario Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Apersepsi :  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
b.      Mengingat kembali materi tentang bilangan
c.       Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

2.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat.
F Peserta didik dapat menentukan letak bilangan  bulat dalam garis bilangan
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket  mengenai bilangan bulat (bilangan asli/bilangan bulat positif, bilangan cacah, serta bilangan kurang dari nol/bilangan bulat negatif), penentuan letak bilangan  bulat dalam garis bilangan, pengurutan bilangan bulat, dan penggunaan bilangan bulat sebagai tugas individu.
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis secara bertanggung jawab ( responsibility );
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.



3.      Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;


1 komentar:

  1. Wah, nice info bingits nih. Bermanfaat sekali. Keep on good writing yaa ^^

    BalasHapus

dikoment yo,,ok2